BBM (Blackberry Messenger) di Android

Setelah beberapa waktu lalu ada euforia BBM4All yang berarti bahwa applikasi messenger dari Blackberry tidak akan ekslusif bagi pemakai handset Blackberry saja, kini euforia tersebut hilang begitu saja.

Bisa jadi euforia tersebut hanya sebatas keingintahuan saja, atau sebatas pelengkap banyaknya aplikasi messenger di luar sana yang punya fans nya masing-masing.

BBM memang populer di Indonesia, karena dia yang pertama mengenalkan aplikasi messenger di handset yang siap pakai. Cukup beli handset Blackberry beserta aktivasi paket internet, dan pengguna pun bisa langsung menikmati fasilitas messenger setelah memiliki kontak yang dikenalnya. Ini karena umumnya orang Indonesia tidak mau ribet harus daftar untuk membuat user ID dan kemudian mengingat password. Atau memang tidak tahu caranya?

Akhirnya setelah beberapa waktu program BBM4All berjalan, BBM pun bisa digunakan di handset selain Blackberry di platform terkenal lainnya seperti Android dan IOS. Lalu bagaimana kabar BBM di dua platform terkenal itu?

Paska program BBM4All berjalan, sepertinya aplikasi messenger lintas platform yang sudah lebih dulu terkenal seperti Whatsapp tidak tergoyahkan popularitasnya. Hal ini mungkin karena basis pengguna Whatsapp yang sudah terlanjur luas, pengguna Whatsapp yang sudah terlanjur nyaman dengan aplikasi ini, atau mereka yang ikut mencoba BBM di platform Android dan IOS yang akhirnya kecewa. Setidaknya hal terakhir inilah yang saya rasakan.

Sebelum adanya program BBM4All, memang aplikasi BBM di Android ini sejujurnya cukup ditunggu kehadirannya. Hal ini karena cukup banyak kolega yang menjadi pengguna BBM ini. Walaupun sudah ada Whatsapp di handset Blackberry, tapi ada beberapa kolega yang hanya mengaktifkan paket internet Blackberry yang paling hemat a.k.a paket gaya-gayaan saja yang hanya bisa menggunakan koneksi internet di Blackberry hanya untuk ber-BBM ria dan social media saja. Asal tahu saja, untuk bisa menggunakan Whatsapp di handset Blackberry, pengguna harus membeli paket koneksi internet yang lebih mahal (bagi beberapa orang ini sangat tidak ekonomis). Hal ini yang menjadikan program BBM4All menjadi satu hal yang cukup dinantikan.

Lalu setelah program itu berjalan bagaimana? Ternyata performanya agak mengecewakan. Kenapa?

Karena ternyata BBM di Android tidak berjalan lancar. Beberapa kali terjadi bahwa pesan BBM dari kontak saya baru sampai ke aplikasi BBM di handset Android saya beberapa hari kemudian. Walaupun ada ikon notifikasi BBM connected di bagian atas layar Android, tapi sebenarnya aplikasi BBM di Android tersebut ternyata di berkomunikasi sama sekali dengan server pesan BBM di servernya mereka sana. Hal ini yang menyebabkan pesan BBM itu tidak sampai ke handset Android saya berhari-hari.

Saya yakin, saya bukan satu-satunya yang mengalami hal ini. Itulah sebabnya BBM lintas platform langsung meredup begitu saja. Hanya sebatas euforia ingin mencoba yang lalu kecewa dan ditinggalkan begitu saja.

Bagaimana dengan pengalaman anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s