Cara mudah lapor SPT dengan e-Filing kini dan nanti

Bagi sebagian orang, mengisi dan mengirimkan SPT Tahunan ke Kantor Pajak menjadi suatu hal yang menyulitkan. Baik dari segi pengisian formulir SPT Tahunan maupun bagaimana agar formulir tersebut diterima Kantor Pajak sesuai domisili kita. Apalagi bila wajib pajak berada di tempat yang jauh dari Kantor Pajak terdekat, maupun Drop box terdekat. Belum lagi untuk memastikan bahwa SPT Tahunan akan diterima tepat pada waktunya dan tidak terlambat. Bisa dibayangkan, bila anda sedang di luar negeri misalnya. Tapi itu dulu, mulai tahun 2014 ini, untuk SPT Tahunan mulai tahun 2013, melaporkan SPT sudah jauh lebih mudah! Bagimana caranya?

Mulai tahun ini, pelaporan SPT tahunan wajib pajak pribadi bisa dilakukan dengan cara e-filing di website Pajak. Dengan e-filing, kita bisa melaporkan SPT Tahunan dari mana saja dan kapan saja, melalui internet, sepanjang masih dalam periode pelaporan SPT yang berakhir di hari kerja terakhir di bulan Maret setiap tahunnya. Namun, berdasarkan pengalaman pribadi, mengunjungi website itu saja akan cukup memusingkan untuk mencari dari mana kita akan memulai. Karena itulah kami share disini langkah apa saja yang perlu dilakukan sebelum anda bisa melaporkan SPT tahunan dengan cara e-filing.  Apa saja yang perlu disiapkan untuk bisa melaporkan SPT via e-filing?

e-FIN

Hal pertama yang perlu dimiliki adalah e-FIN (electronic filing identification number) berupa 10 digit angka. Untuk mendapatkan e-FIN ini, wajib pajak harus mengajukannya ke Kantor Pajak ataupun di titik-titik sentra pelayanan Pajak yang akhir-akhir ini banyak ditemukan di tempat keramaian seperti mal misalnya. Bila lokasi anda dekat ke kantor Pajak, silahkan kunjungi kantor Pajak untuk mendapatkan e-FIN. Atau, silahkan cari titik sentra pelayanan Pajak terdekat lainnya dengan mengisi form pengajuan e-FIN sebagaimana gambar di bawah, dengan menyiapkan fotocopy KTP. Untuk mengajukan e-FIN, cantumkan NPWP pribadi, diperlukan juga alamat email pribadi yang aktif, dan nomor telepon yang bisa dihubungi. Email diperlukan untuk mengirimkan tautan aktifasi, kode verifikasi eSPT, dan tanda terima eSPT nantinya.

formulirefin

e-FIN yang berupa 10-digit angka akan langsung diterima pada saat anda mengisi dan mengajukan formulir permohonan e-FIN sebagaimana contoh formulirnya di atas. Berdasarkan pengalaman saat mengajukan e-FIN di titik pelayanan kantor Pajak yang dibuka di mal Kota Kasablanka yang buka sampai hari Jumat 14-Mar-2014 lalu, pengajuan e-FIN hanya membutuhkan waktu kurang dari setengah jam sejak pengisian formulir, antri, hingga e-FIN diberikan. Lalu, apa yang kemudian harus dilakukan setelah mendapatkan e-FIN?

Setelah e-FIN didapatkan, berikutnya adalah melakukan registrasi di website kantor pajak nasional. Silahkan cek cara registrasi dan langkah-langkahnya di video dibawah ini. Berdasarkan pengalaman, link aktifasi yang dikirimkan ke alamat email yang tercantum pada form registrasi dan pengajuan e-FIN membutuhkan waktu lebih dari satu hari. Mungkin karena registrasi dilakukan di akhir pekan. Begitu pula, pada saat link aktifasi diterima, proses aktifasi hanya bisa dilakukan saat hari kerja saja.

Setelah proses aktifasi selesai, silahkan mulai login menggunakan nomor NPWP anda dan password yang dipilih pada saat registrasi. Adapun langkah-langkah mengisi formulir menggunakan wizard untuk formulir 1770S (bagi anda yang berpenghasilan lebih dari 60 juta dalam setahun) adalah sebagaimana contoh dalam video berikut ini:

Setelah selesai melakukan pengisin formulir SPT pertama anda untuk masa pajak tahun 2013, anda akan sampai ke halaman seperti gambar di bawah. Hal berikutnya adalah meminta kode verifikasi pengiriman e-SPT melalui e-filing. Kode verifikasi ini akan dikirimkan ke email yang telah didaftarkan saat registrasi. Highlight SPT yang baru saja selesai dibuat, kemudian silahkan klik minta kode verifikasi.

Selesaiisispt

Lebih jelasnya untuk meminta kode verifikasi, menerima kode verifikasi via email, dan mengirim SPT setelah kode verifikasi diterima via email, silahkan lihat video berikut ini:

Bila penghasilan anda kurang dari 60 juta dalam setahun, silahkan gunakan formulir 1770SS dan cara pengisiannya seperti di bawah ini:

Bila suatu saat anda ingin mengubah password maupun email address yang sebelumnya didaftarkan, lihat caranya berikut ini:

Semoga membantu.